Cara Ajukan Insentif PPh Final UMKM DTP Diperpanjang hingga Desember 2021

Tuantender.id – Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Sudah pernah memanfaatkan insentif pajak dampak Covid-19 sebelumnya? Kini pemerintah resmi memperpanjang pemberian enam insentif pajak, salah satunya PPh Final UMKM DTP diperpanjang sampai Desember 2021. Klikpajak by Mekari akan mengulasnya untuk Sobat Klikpajak.

Tapi sebelum itu, seperti biasanya Klikpajak.id akan selalu mengingatkan pentingnya kelola pajak dan keuangan bisnis yang efektif & efisien untuk mendukung kinerja perusahaan.

Ingin mengetahui cara kelola pajak perusahaan yang mudah dan cepat?

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klipajak Sekarang!

Sobat Klikpajak juga dapat kelola pajak dan keuangan bisnis yang praktis dengan mengikuti demo online di Klikpajak Demo Jurnal, tim support Klikpajak akan menyesuaikan waktu Sobat Klikpajak kapan saja dibutuhkan.

PPh Final UMKM DTP, Syarat dan Cara Mengajukannya

Klikpajak by Mekari adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Melalui Klikpajak.id, Sobat Klikpajak dapat menghitung, membayar, melaporkan pajak kapan saja dan di mana pun, serta menyimpan arsip perpajakan dengan aman dalam satu platform aplikasi pajak online berbasis web yang terintegrasi.

Dengan Klikpajak, kelola e-Faktur maupun e-Bupot juga lebih mudah dan cepat karena terintegrasi dengan fitur akuntansi perpajakan online Jurnal.id.

Temukan kemudahan kelola pajak dari integrasi Klikpajak.id dan Jurnal.id yang memudahkan kelola pajak dan keuangan perusahaan.

Jurnal by Mekari adalah software akuntansi online berbasis cloud dengan laporan keuangan lengkap, seperti:

  • Neraca keuangan
  • Arus kas
  • Laba-rugi

Kembangkan bisnis tanpa batas dengan software akuntansi terintegrasi Jurnal by Mekari. Coba Gratis 14 hari sekarang!

Bukan hanya itu, Sobat Klikpajak juga dapat mengelola karyawan dengan mudah melalui sistem Human Resources Information System (HRIS) Talenta by Mekari.

Melalui HRIS Talenta.co, segala urusan payroll dan manajemen HR (Human Resources) lebih mudah dan praktis.

Jaga bisnis tetap produktif dengan software payroll dan HRIS terautomasi Talenta by Mekari. Coba Talenta Gratis sekarang!

“Serahkan semua urusan perpajakan, keuangan perusahaan dan manajemen SDM melalui support system yang lengkap dan terintegrasi untuk mendukung kinerja perusahaan serta perkembangan bisnis yang lebih baik lagi.”

Aturan Perpanjangan Insentif PPh Final UMKM DTP

Insentif pajak dampak Covid-19 berupa PPh Final UMKM DTP (Ditanggung Pemerintah) diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 82/PMK.03/2021 tentang:

Perubahan Atas PMK No. 9/PMK.03/2021 tentang Insentif Pajak untuk Wajib Pajak Terdampak Pandemi Coronavirus Disease 2019.

Melalui beleid terbaru ini, pemanfaatan insentif pajak dampak Covid-19 akan berakhir pada Desember 2021, dari sebelumnya berakhir pada Juni 2021.

Bukan hanya insentif PPh Final DTP saja, dalam PMK No. 82/2021 juga memuat sejumlah insentif pajak dampak Covid-19 lainnya yang diperpanjang hingga Desember 2021, di antaranya:

  1. Pajak Penghasilan Pasal 21 Ditanggung Pemerintah (PPh 21 DTP)
  2. PPh Final sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Ditanggung Pemerintah (PPh Final UMKM DTP)
  3. PPh Final Jasa Konstruksi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Ditanggung Pemerintah (PPh Final Jasa Konstruksi P3-TGAI DTP)
  4. Pembebasan PPh Pasal 22 Impor
  5. Pengurangan angsuran PPh Pasal 25 sebesar 50%
  6. Pengembalian pendahuluan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) hingga Rp5 miliar

Perlu diperhatikan, dalam peraturan perpanjangan pemberian insentif pajak dampak Covid-19 ini, jumlah sektor usaha atau KLU (Klasifikasi Lapangan Usaha) berkurang dibanding sebelumnya.

Lalu, bagaimana ketentuan pemanfaatan insentif pajak dampak Covid-19 berupa PPh Final UMKM DTP yang diperpanjang hingga Desember 2021 ini?

Sebelum itu, ketahui tentang berapa besar tarif PPh Final UMKM sesuai PP 23 Tahun 2018 ini.

Mengenal Tarif PPh Final UMKM PP 23/2018

Merujuk peraturan yang mengatur tentang Pajak Penghasilan Final UMKM pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018, besar tarif PPh Final UMKM adalah 0,5% dari omzet bruto.

Perlu dipahami, tarif PPh Final UMKM 0,5% dari peredaran bruto usaha ini tidak berlaku selamanya.

Ada batas waktu tertentu bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk dapat menikmati tarif Pajak Penghasilan Final UMKM sebesar 05% dari omzet bruto ini.

Jangka waktu pemberian tarif PPh Final 0,5% ini didasarkan pada bentuk usaha yang didirikan, apakah itu Perseroan Terbatas (PT), dan bentuk-bentuk usaha lainnya.

Sampai kapan UMKM dapat menggunakan fasilitas tarif PPh Final 0,5%?

Untuk lebih jelasnya, selengkapnya baca Jangka Waktu Penggunaan Tarif PPh Final 0,5% bagi UMKM.

PPh Final UMKM DTP, Syarat dan Cara MengajukannyaIlustrasi tarif pajak UMKM dan pemanfaatan insentif Pajak Penghasilan Final UMKM DTP

Syarat dan Tata Cara Ajukan Insentif Pajak Penghasilan Final UMKM DTP

Kembali pada pembahasan insentif pajak dampak Covid-19 berupa PPh Final UMKM DTP diperpanjang sampai Desember 2021, artinya bagi pelaku usaha yang saat ini masih memanfaatkan tarif PPh Final 0,5%, tarif ini masih akan ditanggung pemerintah.

Jadi UMKM masih akan terbebas dari tarif PPh Final 0,5% hingga akhir tahun ini.

Dengan demikian, UMKM tidak perlu melakukan setoran pajak.

Berikut ketentuan dan tata cara pemanfaatan insentif PPh Final UMKM DTP:

a. Mengajukan insentif Pajak Penghasilan Final UMKM DTP

Bagi Sobat Klikpajak yang ingin mendapatkan kembali insentif Pajak Penghasilan Final UMKM DTP ini, tidak perlu mengajukan Surat Keterangan PP 23 Tahun 2018.

Tapi wajib menyampaikan laporan realisasi pemanfaatan insentif PPh Final UMKM DTP setiap bulan.

Bagaimana cara menyampaikan laporan realisasi Pajak Penghasilan Final UMKM DTP?

Penyampaian laporan realisasi pemanfaatan insentif PPh Final UMKM DTP dilakukan melalui saluran tertentu pada laman www.pajak.go.id, dengan format seperti berikut:

PPh Final UMKM DTP, Syarat dan Cara MengajukannyaContoh formulir laporan realisasi PPh Final DTP

b. Bagi pemotong/pemungut pajak dari lawan transaksi UMKM

Pihak-pihak yang bertransaksi dengan UMKM juga tidak perlu melakukan pemotongan atau pemungutan pajak pada saat melakukan pembayaran kepada pelaku UMKM.

Pemotong/pemungut pajak dari lawan transaksi UMKM harus membuat Surat Setoran Pajak (SSP) dengan ketentuan khusus.

Pemotong atau pemungut pajak ini membuat SSP atau cetakan Kode Billing yang dibubuhi cap atau tulisan:

“PPh FINAL DITANGGUNG PEMERINTAH EKS PMK NOMOR …./PMK.03/2021”

Tulisan itu dibubuhkan pada kolom uraian pembayaran SSP atau kolom uraian pembuatan Kode Billing atas transaksi.

Sudah tahu ketentuan dan syarat mengajukan kembali pemanfaatan insentif PPh Final UMKM DTP, ya?

Apakah Sobat Klikpajak sudah memanfaatkan kembali insentif pajak dampak Covid-19 berupa PPh Final UMKM DTP yang diperpanjang hingga akhir tahun ini?

Jangan lupa melaporkan realisasi pemanfaatan insentif Pajak Penghasilan Final UMKM DTP sesuai ketentuan yang berlaku.

Manfaatkan insentifnya, Kelola Pajak Lebih Mudah di Klikpajak by Mekari

 Selanjutnya, kelola pajak dan keuangan bisnis Sobat Klikpajak dengan cara simpel melalui fitur lengkap Klikpajak by Mekari yang terintegrasi software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Fitur lengkap Klikpajak membantu mempermudah urusan perpajakan bagi para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Sobat Klikpajak yang berprofesi pada bagian keuangan atau sebagai tax officer.

Temukan fitur lengkap aplikasi pajak online Klikpajak by Mekari selengkapnya di Inilah Daftar Fitur Lengkap Klikpajak untuk Kelola Pajak Perusahaan.

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis dan aktivitas Sobat Klikpajak dalam mengelola e-Faktur, e-Bupot, bayar dan lapor SPT Tahunan/Masa PPh dan PPN yang dapat menghemat banyak waktu?

PPh Final UMKM DTP, Syarat dan Cara Mengajukannya

Jangan segan menghubungi kami, karena kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya untuk memudahkan urusan perpajakan perusahaan. Klikpajak by Mekari mengerti yang Anda butuhkan.

Cukup daftarkan email di www.klikpajak.id dan temukan bagaimana Sobat Klikpajak dapat melakukan urusan perpajakan dengan sangat menyenangkan. Lebih mudah dari sekadar yang dibayangkan.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klipajak Sekarang!

Sobat Klikpajak juga dapat meningkatkan pemahaman tentang berbagai macam aktivitas pajak, mulai dari cara hitung, bayar, dan lapor pajak secara komprehensif melalui Mekari University.

Asah kemampuan Sobat Klikpajak tentang perpajakan melalui kursus online di Mekari University, gratis!

Setelah menyelesaikan kurus online pajak ini, Sobat Klikpajak akan mendapatkan sertifikat dari Mekari University, yang bisa dijadikan porfotolio di bidang perpajakan.

Karena belajar pajak itu mudah!

Tak perlu bayar, kemampuan pajak bisa bertambah melalui Kursus Pajak Online bersama Mekari University.

Jangan lupa, jika ingin lebih mudah kelola pajak dan keuangan bisnis, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id yang terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal.id.

Klik banner di bawah ini untuk menjadwalkan demo online bersama tim konsultan kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *